Biaya dan Pengurusan Mutasi Mobil dari Sleman ke Bantul Part 2

Setelah menantikan satu bulan (Baca: Pengurusan Mutasi Pertama) akhirnya hari yang dinantikan telah tiba. Pada hari ini Jumat, 3 Januari 2020 saya akan bagikan pengalaman melanjutkan pengurusan mutasi/balik nama mobil honda Jazz tahun 2016 dari Kabupaten Sleman ke Kabupaten Bantul. Bertepatan dengan hari Jumat, jam buka pelayanan umum biasanya berbeda dengan hari biasanya sehingga saya harus bergegas.

Lokasi 1. Samsat Sleman

Pada pukul 08.00 saya telah sampai di Samsat Sleman (lokasi), untuk mempermudah saya langsung parkir di depan kantor samsat. Melalui pintu utama lantai 1 dan menuju loket paling timur yaitu Counter C dengan menyerahkan dokumen yang diberikan pada pengurusan sebelumnya.

Tanpa perlu menunggu lama, saya dipanggil dan diberikan secarik kertas untuk melakukan pembayaran. Counter pembayaran letaknya hanya bersebelahan dengan Counter C dengan nominal Rp.408.000. Diberikan bukti pembayaran dan diserahkan kembali ke Counter C, dan diminta menunggu lagi.

Tak berselang lama, saya dipanggil kembali dan diberikan dokumen dalam stopmap dan diminta untuk mengambil BPKB di gedung yang berbeda. Letaknya disamping Mushala. Langsung masuk dan bertanya pada petugas pengambilan BPKB untuk mutasi keluar. Diminta mengumpulkan stopmap dan sesaat kemudian dipanggil. Di dalam stopmap telah dilengkapi dokumen+BPKB (lengkap) untuk mutasi keluar dari Sleman. Dari petugas meminta saya untuk membawa dokumen ini menuju Polres Bantul. Saya lihat waktu menunjukkan pukul 08.40. Artinya pengurusan di Samsat hanya membutuhkan waktu 40 menit.

Tapi ternyata ada bagian-bagian dari dokumen mutasi ini yang harus difotokopi, untung saja pada waktu mau keluar dari bagian BPKB ada seorang Bapak yang memberi tahu saya. Yang perlu diketahui, tidak sembarang tempat fotokopi bisa, karena begitu banyak dokumen dalam stopmap tersebut dan tidak semua difotokopi. Rekomendasi dari Bapak tersebut saya disuruh mampir fotokopi dekat Polres Bantul. Oke, sekarang kita menuju Polres Bantul.

Lokasi 2. Polres Bantul

Sebelum sampai lokasi kedua, saya mampir dulu fotokopi. Saya rekomendasikan karena dua kali saya fotokopi hasilnya rapi. Letaknya diutara Polres Bantul, setelah lampu lalu lintas pelan-pelan saja, letaknya di kiri jalan kalau dari utara. Biayanya untuk fotokopi cukup Rp.7.000.

Sekarang masuk Polres Bantul (lokasi), kalau membawa mobil parkir langsung dalam depan lapangan. Masuk lewat sebelah selatan gedung.  Bagian mutasi letaknya bersebelahan dengan bagian SIM, sebelah timur bank BRI kalau bingung tinggal tanya-tanya. Masukkan dokumen dan tunggu sebentar, sambil melihat waktu pukul 09.30. Butuh waktu sekitar 1 jam dari Samsat Sleman menuju Polres Bantul.

Setelah dipanggil diberikan secarik kertas untuk melakukan pembayaran di loket BRI. Letaknya disebelah barat bagian mutasi. di loket bank BRI saya mengeluarkan uang sebesar Rp.375.000. Bukti pembayaran saya serahkan kembali ke loket mutasi. Diminta menunggu sebentar.

Setelah beberapa saat nama saya dipanggil. Saya diberikan stopmap tadi dan diminta untuk membawa ke Samsat Bantul.

Lokasi 3. Samsat Bantul
Loket 4 lantai 1 gedung Samsat Bantul

Untung saja kantor Samsat Bantul (lokasi) tidak jauh dari Polres Bantul sehingga bisa menghemat waktu. Tempat parkirnya ada di belakang. Masukkan stopmap tadi di bagian pendaftaran, letaknya disamping parkiran, saya tau ruang ini dari tukang parkir setelah menanyakan untuk proses pengurusan mutasi masuk. Terpampang jam pelayanan pukul 08.00 sampai 10.00. Dan saya datang pukul 10.00 tepat. Untungnya masih diterima, karena ada yang memasukkan berkas setelahnya sudah ditolak.

Tak berselang lama, nama saya dipanggil dan diminta untuk menuju loket disampingnya. Di loket ini saya diminta membayar sebesar Rp.300.000. Kemudian diminta mengisi formulir pendaftaran dan fotokopi resi pengambilan BPKB yang berwarna pink. Biaya fotokopinya Rp1.000. Resi pengambilan disimpan untuk pengambilan BPKB pada tanggal 2 April 2020 sedangkan fotokopinya dijadikan satu dengan dokumen.

Dokumen yang ada dalam stopmap tersebut kemudian dibawa naik ke lantai 1 loket 4. Saya tunggu sebentar untuk menunggu antrian. Beberapa saat kemudian dipanggil dan diberikan penjelasan bahwa perlu waktu untuk memproses administrasi, sehingga saya diminta kembali pada hari Kamis, 9 Januari 2020 untuk melanjutkan proses administrasi. Saya diberikan selembar surat tanda terima berkas dari Samsat Bantul dan diminta membawa pada saat melanjutkan proses administrasi.

Sehingga hari ini saya pulang hanya membawa dua lembar. Yang pertama resi pengambilan BPKB dan Surat Tanda Terima Berkas. Hari ini selesai pada pukul 10.35.

Rekapitulasi Biaya Pengurusan Mutasi Mobil Part 2

Berikut ini rekap biaya yang saya keluarkan pada bagian kedua pengurusan mutasi mobil. Untuk nama-nama biaya yang dikeluarkan saya kurang tahu namanya sehingga akan saya beri keterangan sesuai dengan kegiatan yang saya lakukan di tempat-tempat tersebut.
Keterangan
Biaya
Pengambilan berkas dari Samsat Sleman
408.000
Fotokopi dokumen
7.000
Pembayaran di Polres Bantul melalui Bank BRI
375.000
Pendaftaran di Samsat Bantul
300.000
Fotokopi resi pengambilan BPKB
1.000
Parkir
6.000
Jumlah
1.097.000

Selanjutnya, saya akan bagikan pengalaman saya mengurus mutasi mobil ini pada 9 Januari 2020. Tepatnya saat melanjutkan proses administrasi di Samsat Bantul.

Berlangganan via Email