Biaya dan Pengurusan Mutasi Mobil dari Sleman ke Bantul Part 3

Setelah menunggu hampir seminggu lamanya, hari ini tanggal 9 Januari 2020 saya akan melanjutkan pengurusan mutasi mobil dari Sleman ke Bantul. Pada bagian kedua yang lalu, saya telah mengurus pencabutan berkas dan memasukkan berkas tersebut sampai di Samsat Bantul. Biaya apa saja yang harus saya keluarkan lagi untuk mengurus mutasi mobil ini? simak perjalanan saya berikut!

Lokasi Samsat Bantul

Samsat Bantul pukul 08.45 sudah ramai

Seperti biasa, saya berusaha datang pagi harapannya bisa dapat antrian awal. Pukul 07.45 saya telah sampai di lantai 1 gedung Samsat Bantul loket 4. Saya menyerahkan kertas putih bukti tanda terima berkas pada pertemuan yang lalu. Kemudian diterima petugas dan saya diminta untuk menunggu.

Suasana pelayanan waktu itu masih belum berjalan, maklum masih pukul 07.45. Menurut informasi dari petugas parkir, pelayanan dimulai pukul 8. Sekitar pukul 08.30, nama saya dipanggil bagian kasir di loket 4 dan diberikan rincian pembayaran diantarannya BBN, PKB, SWDKLLJ dengan total biaya Rp.5.176.400. Selesai bayar, saya diminta kembali menunggu.

Berselang 30 menit kemudian, nama saya kembali dipanggil untuk menerima STNK baru di loket yang sama dan bukti pembayaran saya diminta oleh petugas, mungkin sebagai bukti terima STNK. Alhamdulillah akhirnya selesai juga pikir saya. Saya diarahkan untuk mengambil plat nomor kendaraan di ruang bawah dekat loket pendaftaran.

Awalnya bingung, tapi setelah dicermati ada plang tulisan pengambilan plat nomor. Saya menuju petugas dengan menunjukkan STNK, oleh petugas akan diambil bagian surat ketetapan pajaknya (bagian belakang STNK yang berwarna coklat). Nantinya akan dikembalikan bersamaan dengan plat nomor. Saya kembali diminta untuk menunggu sambil dicarikan plat nomor yang sesuai.

15 menit kemudian, nama saya dipanggil. Saya menerima plat nomor baru dan surat ketetapan pajaknya. Diminta untuk memastikan kebenaran nomor platnya dan setelah itu tanda tangan bukti penerimaan plat nomor.

Prosesnya sudah selesai, hanya saja karena STNK yang baru tidak diberikan kantong plastik saya coba cari di fotokopi siapa tau ada, dan ternyata memang ada. Oleh tukang fotokopi saya sekalian diminta untuk fotokopi STNK yang baru (hanya 1 rangkap) untuk mengambil BPKB di Polres Bantul besok tanggal 2 April. Untung saja tadi saya mampir fotokopi, jadinya tau kalau perlu fotokopi STNK untuk ambil BPKB.

Rekapitulasi Biaya Pengurusan Mutasi Mobil Part 3

Berikut ini rekap biaya yang saya keluarkan pada bagian ketiga pengurusan mutasi mobil. Untuk nama-nama biaya yang dikeluarkan saya coba samakan dengan di kuitansi pembayaran yang diterima plus biaya lain-lainnya.

Keterangan
Biaya
BBN
2.000.000
PKB
3.150.000
SWDKLLJ
26.400
Fotokopi + plastik STNK
2.000
Parkir
3.000
Jumlah
5.181.400

Selanjutnya, saya akan kembali melanjutkan cerita ini pada tanggal 2 April 2020. Tepatnya pada saat pengambilan BPKB di Polres Bantul. Semoga nantinya dapat berjalan dengan lancar dan setelah pengambilan BPKB ini, saya kira seluruh proses biaya dan pengurusan mutasi mobil ini telah selesai. Semoga pengalaman saya selama mengurus mutasi mobil ini dapat memberikan gambaran tentang pengurusan mutasi bagi pembaca.

Update 2 April 2020

Pagi ini Kamis, 2 April 2020 pukul 08.00 saya sudah siap meluncur menuju polres bantul untuk mengambil BPKB. Harapan saya BPKB tersebut sudah jadi. Hari ini ada kasus penyebaran virus korona sehingga jalanan cukup sepi dibandingkan hari sebelumnya. 

Pukul 08.45 saya sudah sampai di parkiran dengan membawa bukti pengambilan berkas BPKB saat dulu pengurusan mutasi masuk dan fotokopi STNK kendaraan. Langsung menuju loket pengambilan BPKB, oleh petugas diminta bukti pengambilan berkas BPKB. Diminta untuk menunggu, tapi kali ini cukup singkat.

Tak berselang lama nama saya sudah dipanggil. Diserahkan BPKB oleh petugas kepada saya, diminta untuk memeriksa kesesuaian dengan data STNK. Di loket ini sama sekali kita tidak perlu mengeluarkan dana, hanya parkir 2.000.

Penutup

Dengan pengambilan BPKB tersebut, selesai sudah proses pengurusan balik nama kendaraan. Semoga pengalaman ini menjadi penyemangat bagi Anda semua yang mau mengurus mutasi kendaraan khususnya dari Kabupaten Sleman menuju Kabupaten Bantul. Karena prosesnya sangat mudah. Tak lupa kami ucapkan terima kasih atas pelayanan prima yang diberikan petugas pelayanan STNK dan BPKB di Polres Bantul, Polres Sleman, Samsat Sleman, dan Samsat Bantul. Semoga kedepan, pelayanan dapat ditingkatkan kembali.

Berlangganan via Email